Waspadai Kelainan Bayi Kerdil dengan Melihat Beberapa Gejalanya

Waspadai Kelainan Bayi Kerdil dengan Melihat Beberapa Gejalanya

Memiliki anak di dalam sebuah keluarga memang merupakan suatu anugerah yang sangat besar, terutama jika anak lahir dengan sehat dan juga selamat. Namun, ada beberapa kasus pada bayi di Indonesia yang tidak lahir dengan tubuh yang sehat serta lengkap, mereka mengidap berbagai jenis kelainan yang pastinya akan membuatnya tumbuh dengan tidak normal. Salah satu jenis kelainan pada bayi yang belakangan ini terjadi di Indonesia adalah bayi kerdilKelainan ini sering juga disebut sebagai Dwarfisme yang menyebabkan tubuh mereka menjadi lebih pendek jika dibandingkan dengan manusia pada umumnya. Biasanya, mereka memiliki tinggi maksimal antara 120 hingga 140 cm saja. Kelainan ini bisa terjadi akibat adanya kelainan genetik, yang dimana salah satunya membawa gen tersebut. Mungkin ketika mereka masih bayi, sangat sulit untuk mendeteksi kelainan yang satu ini, oleh karena itu Anda harus mempelajari ciri-cirinya seperti berikut:

Waspadai Kelainan Bayi Kerdil dengan Melihat Beberapa Gejalanya 

  • Kepala Besar

Salah satu ciri yang menandakan bahwa anak mengidap kelainan pertumbuhan tersebut dapat dilihat dari ukuran kepala mereka ketika masih bayi. Biasanya, mereka yang mengidap kelainan tersebut memiliki ukuran kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan bayi normal, serta memiliki dahi yang juga lebih lebar. Jika si kecil memiliki ciri seperti ini, akan lebih baik untuk segera memeriksanya ke dokter agar dapat segera ditangani.

  • Tulang pada Wajah Tidak Normal

Selanjutnya, ciri yang menunjukkan bahwa mereka mengalami kondisi bayi kerdil adalah memiliki tulang pada wajah yang tidak normal. Biasanya, mereka akan memiliki rahang yang jauh lebih menonjol dari orang normal serta pada tulang hidungnya tidak rata. Pastikan untuk segera membawa anak kepada dokter yang dapat menangani masalah kelainan pertumbuhan ini agar nantinya dapat ditangani dengan baik. Jangan menganggap remeh adanya kelainan tulang pada wajah mereka.

  • Kaki Bengkok

Pada umumnya, bayi yang mengidap penyakit kerdil ini memiliki bentuk kaki yang tidak biasa seperti layaknya orang normal. Mereka cenderung memiliki kaki yang berbentuk lebih bengkok sehingga terlihat berbeda. Ketika mengetahui hal tersebut, jangan menunggu dan tidak membawanya ke dokter serta berharap jika mereka kelak tumbuh besar, maka kakinya dapat berbentuk normal karena hal tersebut adalah mustahil. Lebih baik jika bayi sudah memiliki ciri ini segera di bawa ke rumah sakit yang memadai. 

  • Tulang Belakang Melengkung

Kebanyakan ciri yang menandakan bahwa si kecil mengidap kelainan bayi kerdil ditunjukkan dengan adanya kelainan tulang pada tubuh mereka. Jika mereka memiliki bentuk tulang belakang yang melengkung terutama pada bagian bawahnya, maka hal ini bisa dikatakan bahwa si kecil mengidap kelainan pertumbuhan ini. Biasanya tulang mereka akan lebih melengkung ke depan. Kenali beberapa ciri mau pun gejala dari kelainan pertumbuhan ini agar nantinya si kecil dapat tumbuh normal di masa depan.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan